Ideal Lama Berlibur untuk Anda


Semua orang tentu suka liburan. Mengunjungi berbagai tempat yang indah dan memamerkannya lewat instagram pasti menjadi hal yang tak bisa ditolak.

Namun, mampukah kita melewati liburan yang terlampau panjang tanpa merasa bosan dan tidak merindukan rumah?

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam The Journal of Happiness, jawabannya adalah tidak. Bahkan penelitian ilmiah telah mejawab berapa lama waktu yang ideal untuk berlibur.

Waktu ideal untuk berlibur adalah 8 hari, yang merupakan panjang waktu optimal untuk memaksimalkan relaksasi dan kebahagiaan tanpa menjadi bosan atau rindu rumah.

Delapan hari istirahat dari pekerjaan dan rutinitas dapat menciptakan perasaan bahagia dengan memperbaiki mood. Delapan hari berlibur juga menjadi waktu yang cukup untuk mengurangi tingkat stres dan mengembalikan energi.

Ini adalah waktu yang cukup untuk membongkar, menyelesaikan, dan beristirahat dari rutinitas. Lebih lama dari itu, justru membuat liburan menjadi kurang menggairahkan. Hal ini malah akan membuat kita sulit menyesuaikan kembali dengan rutinitas sebelum liburan datang.

Periset mendapatkan angka delapan setelah setiap hari mengajukan pertanyaan pada orang yang liburan. Pertanyaannya seperti "Bagaimana suasana hati Anda hari ini?", "Seberapa tegang perasaan Anda hari ini?", dan "Bagaimana semangat Anda saat ini?"

Ketika peserta kembali ke rumah mereka, periset juga kembali mengajukan pertanyaan yang sama. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa manfaat emosional dan kesehatan dari liburan meningkat dengan cepat dan memuncak pada hari kedelapan.

Setelah itu manfaat liburan kembali menurun. Dan dalam seminggu setelah kembali pada rutinitas, suasana fisik dan mental hampir semua peserta kembali ke tingkat awal liburan.

Tapi, jangan biarkan kabar tersebut membuat Anda tidak berminat liburan. Penelitian ini juga menemukan fakta bahwa berlibur adalah hal yang sangat penting, seperti kebutuhan kita akan tidur.

Artinya, setelah bekerja, tubuh juga perlu tidur, lalu bangun, dan tidur lagi. Begitu juga dengan liburan. Perlu ada waktu untuk membuat fisik dan mental beristirahat.

0 komentar:

Posting Komentar