Selasa, 09 Januari 2018

Ketahui 10 Fakta Tentang Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Ketahui 10 Fakta Tentang Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Masyarakat di Jakarta dan sekitarnya tentu berbahagia mendengar adanya transportasi lain yang dapat digunakan untuk ke Bandara Soekarno-Hatta. ransportasi terbaru yang bisa digunakan yakni kereta bandara.

Presiden Joko Widodo berharap masyarakat mau berpindah ke transportasi massal sehingga mengurai kemacetan di Jakarta.

Nah, berikut ini adalah fakta-fakta dari kereta bandara Soekarno Hatta yang dihimpun.

1. Diresmikan Presiden

Kereta Bandara Soekarno-Hatta diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa (2/1/2018). Usai peresmian, Jokowi bersama rombongan pejabat langsung menjajal kereta bandara tersebut. Jokowi dan para menteri mengambil gerbong paling depan.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Menkopolhukam Wiranto, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Ada juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.

2. Tarifnya Rp 70.000

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan awalnya Kementrian Perhubungan menetapkan tarif sekali perjalanan kereta bandara Rp 100.000.

Namun, Presiden Joko Widodo merasa harga tersebut terlalu mahal untuk dijangkau masyarakat. Maka biaya langsung ditetapkan oleh Presiden dengan harga Rp 70.000.

"Kalau menurut saya, Pak Presiden sudah ngasih satu harga yang bagus menjadi Rp 70.000, itu Pak Presiden yang menetapkan," kata Budi di Istana Bogor, Rabu (27/12/2017).

3. Pembelian tiket sistem non-tunai

Pembelian tiket ada dua cara yakni, bisa membeli di stasiun dan melalui aplikasi. Kedua cara ini berlaku dengan sistem pembayaran cashless atau non-tunai.

Di stasiun, tiket bisa Anda beli di vending machine yang hanya melayani transaksi non-tunai dengan debit atau kredit.

Sementara, pembelian melalui aplikasi bisa dilakukan melalui aplikasi Railink di Google Play Store atau di Apple App Store. Penumpang bisa membeli tiket dengan membuka laman https://reservation.railink.co.id. Pembelian online melayani pembayaran via internet banking dan Doku Wallet.

4. Fasilitas ala pesawat

Interior kereta didesain seperti dalam pesawat. Penumpang dapat mengatur kemiringan kursi dan sandaran tangan. Lalu juga terdapat pendingin udara (full AC), pengisi daya ponsel (charging port), serta toilet terpisah antara pria dan wanita.

Kemudian, setiap gerbong kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta empat layar TV LED untuk hiburan sekaligus memberikan informasi posisi kereta.

5. Bisa mengangkut 33 ribu penumpang setiap harinya

PT Railink telah menyiapkat 10 trainset KA Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya.

Kereta bandara nantinya terdiri dari 12 rangkaian kereta yang masing-masing rangkaian memiliki 42 bangku dengan total angkut sebanyak 272 penumpang. 

6. Baru tiga stasiun yang beroperasi

Rute kereta Bandara Soekarno-Hatta adalah Stasiun Manggarai - Sudirman Baru - Duri - Batu Ceper - Bandara Soekarno Hatta.  

Namun, saat ini penumpang hanya dapat berangkat dari Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Batu Ceper, dan Bandara Soekarno-Hatta, sebab dua stasiun lainnya masih dalam tahap pembangunan.

7. Jadwal keberangkatan mulai 03.21 WIB

Pemberangkatan Stasiun Sudirman Baru-Bandara Soekarno Hatta dimulai pukul 03.21 WIB untuk kereta pertama dan kereta terakhir pukul 22.51 WIB.

Sementara jadwal pemberangkatan dengan rute sebaliknya, Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun Sudirman Baru berangkat mulai pukul 04.40 WIB hingga kereta terakhir pukul 00.40 WIB.

Waktu penjemputan dilakukan setiap 15 menit dan 30 menit sekali pada jam sibuk. Anda pun dapat mengecek jadwal keberangkatan dengan mengakses www.railink.co.id atau mengikuti akun Twitter @kabandara.

8. Waktu tempuh kurang dari 1 jam

Jika merujuk pada jadwal dari PT Railink, waktu tempuh perjalanan menggunakan kereta bandara ini diperkirakan selama 40 menit dari Stasiun Sudirman Baru ke Bandara Soekarno-Hatta.

Namun, beberapa waktu lalu sempat menjajal kereta bandara ini dan waktu tempuh berkisar 54 menit hingga satu jam dari Stasiun Sudirman Baru ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

9. Bisa langsung ke terminal di bandara dengan Sky Train

Sesampainya di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, penumpang bisa langsung menyambung dengan transportasi di bandara yakni Sky Train untuk sampai terminal-terminal di Bandara.

Sky Train di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan beroperasi selama 20 jam sehari mulai pukul 04.27 WIB- 00.17 WIB.

10. Sudah bisa digunakan masyarakat sejak Desember 2017

Sebelum diresmikan oleh Presiden, kereta bandara sudah bisa menjajal transportasi ini. Pada Selasa (26/12/2017), PT Railink dan Kementerian Perhubungan mengadakan soft launching. Adapun harga tiket kereta bandara yang diberlakukan sejak soft launching hingga 1 Januari 2018 sebesar Rp 30.000.

0 komentar:

Posting Komentar