Kamis, 26 April 2018

Trik Pemilihan Kail Pancing Berdasar Cara Makan dari Ikan

Trik Pemilihan Kail Pancing Berdasar Cara Makan dari Ikan

Memancing menjadi salah satu aktivitas yang berhubungan dengan hobi. Untuk sebagian besar orang yang tak suka memancing, pastinya menganggap jika memancing adalah aktivitas yang membosankan dimana hanya menunggu ikan datang menyamber pancingan Anda. Meski demikian, hal ini salah besar karena sebetulnya memancing juga aktivitas menyenangkan yang mampu memicu adrenalin. Tak heran jika banyak sekali pemancing yang rela merogoh koceknya hingga dalam demi membeli perlengkapan memancing seperti kail pancing, joran, reel dan masih banyak lagi.

Bagi para penghobi memancing, aktivitas memancing sendiri mampu memberikan tantangan tersendiri dalam melakukannya. Memancing bukan hanya aktivitas menunggu, melainkan juga aktivitas yang mengandalkan strategi, teknik dan kesabaran demi bisa mendapatkan ikan incaran. Pemancing harus bisa merencanakan strategi dengan peralatan memancing berdasarkan medan memancing apakah laut, kolam, sungai atau medan lainnya, berdasarkan jenis ikan yang akan ditangkap dan masih banyak lagi. Tentunya teknik dalam memancing dan melawan ikan hingga kesabaran ekstra juga harus dimiliki para pemancing.

Salah satu benda penting yang dibutuhkan adalah kail dimana pemilihannya disesuaikan dengan target ikannya. Namun pertimbangan lain yang tak kalah penting adalah dengan mempertimbangkan dari segi cara makan ikannya. Maka berikut ini beberapa tips pemilihan kail pancing dari cara makan ikannya:

1. Cara makan menyambar
Cara makan pertama adalah dengan menyambar dimana jenis ikan seperti ini direkomendasikan menggunakan mata kail tuna hook ataupun jenis big game hook. Mata kailnya berbentuk lurus menegak ke pangkalnya. Hal ini lantaran ikan tersebut menyambar maka nantinya kail akan bisa terus mengait ke ikannya. Ketahanannya pun kuat serta tak akan berubah melurus meski banyak hentakan.

2. Cara makan ragut
Cara makan ragut adalah dimana ikan yang umumnya diam saat makan umpanya. Biasanya ini terjadi ketika teknik memancingnya adalah teknik dasar atau dengan teknik drift. Umpan yang biasa dipakai yakni jenis umpan mati dan kailnya direkomendasikan untuk kail mata bengkok atau dikenal dengan circle hook. Saat menggunakannya, direkomendasikan untuk tidak menyentak ikan saat umpan itu dimakan. 

3. Cara makan memagut
Untuk cara makan memagut, biasanya dilakukan oleh anak ikan, gelama dan banyak lagi. Ikan ini biasanya akan memakan umpanya tanpa banyak pergerakan di kondisi umpan yang diam ataupun bergerak. Jika Anda mengincar ikan tersebut, maka gunakan kail lurus atau yang bentuknya mencuat depan. Kailnya pun jangan sampai terlalu besar. Jika umpanya sudah termakan, langsung hentak dengan cepat sehingga ikan tidak lolos. 

4. Cara makan hisap
Banyak juga ikan yang cara makannya adalah dengan menghisap umpan dimana biasanya ikan ini yang memiliki gigi tajam. Jika Anda mengincar ikan seperti ini, maka ada baiknya gunakan kail yang ada mata tangkal dan panjang. Hal ini demi menahan ikan ketika nantinya ikan melawan. Hentak jika dibutuhkan ketika ikan melawan keras namun harus hati-hati sehingga ikan tidak lari.

Itulah beberapa tips dalam pemilihan kail pancing sesuai dengan cara makan dari ikannya. Ternyata cara pemilihannya berbeda-beda bukan? Untuk itu, ada baiknya jika Anda ketahui dulu target ikannya. Untuk membeli kail pun sudah bisa dipesan lewat toko online. Anda bahkan bisa minta rekomendasi untuk pemilihan kail pada penjualnya karena mereka pastinya sudah ahli. Jadi sudah siap memancing dan lawan ikan target Anda? 

0 komentar:

Posting Komentar