Sabtu, 02 Februari 2019

6 Penyebab Gigi Berdarah yang Perlu Anda Ketahui

6 Penyebab Gigi Berdarah yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab gusi berdarah perlu diketahui agar Anda bisa melakukan pencegahan dini. Ya, gusi merupakan salah satu organ penyokong gigi, tempat gigi tertanam. Di gusi terdapat beberapa jaringan diantaranya mukosa yang bertugas menutupi tulang. Lalu di dalam rongga mulut ada mandibula.

Ciri ciri gusi yang sehat diantaranya berwarna merah muda, teksturnya padat dan kuat. Akan tetapi, banyak dari kita yang meremehkan kesehatan gusi ini, sehingga sering berdarah. Perlu Anda ketahui bahwa gusi yang tak sehat bisa menyebabkan radang gusi yang berakibat pada ketidaknyamanan dan rasa sakit pada gusi.

Ketika gusi meradang, di sekitar gusi akan timbul kantung yang memisahkan gigi dengan gusi. Seiring berjalanya waktu, kantung itu akan semakin dalam dan ketika menyikat gigi atau makan, akan langsung berdarah. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui apa saja penyebab radang gusi ini.

Penyebab Gusi Berdarah

Penyebab dari gusi berdarah ini sangatlah beragam, terutama disebabkan oleh sakit gigi yang merembet ke gusi, atau sikat gigi yang terlalu kasar sehingga melukai gusi. Lalu, adakah penyebab dari gusi berdarah yang lainya?

1. Tidak Rutin Menyikat Gigi
Frekuensi yang tepat untuk menyikat gigi adalah 2 kali sehari. Dengan rutin menyikat gigi, gigi dan gusi akan bersih dan bebas dari plak. Plak gigi ini adalah musuh terbesar, karena plak ini menempel pada gigi dan banyak ditumbuhi bakteri. Plak ini jika dibiarkan terus akan menyebabkan karang gigi. Dan karang gigi yang semakin banyak bisa merusak gigi dan gusi.

2. Terlalu Keras Menyikat Gigi
Terkadang seseorang ingin mendapatkan gigi bersih, sehingga menggosoknya dengan keras. Namun terlalu keras menggosok gigi bisa membuat gusi berdarah. Apalagi jika bulu sikat giginya kasar dan tidak pernah diganti, pasti membuat gusi bengkak. Gantilah sikat gigi 4 bulan sekali dengan sikat gigi berbulu lembut. Menyikat gigi secara perlahan secara rutin sudah cukup.

3. Cara Menyikat Gigi yang Salah
Menyikat gigi yang salah juga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan meradangnya gusi. Sikatlah dengan pola melingkar dan lembut untuk hasil maksimal. Jika Anda menyikat gigi maju mundur, itu akan merusak gusi dan membuat gusi berdarah.

4. Merokok.
Merokok memang tidak baik bagi kesehatan dan berangsur merusak tubuh. Yang perlu Anda ketahui bahwa ternyata merokok juga bisa jadi penyebab gusi berdarah. Selain itu akibat racun yang terdapat pada rokok melekat di gusi, jaringan yang rusak tersebut jadi susah untuk diperbaiki. Ini menyebabkan gusi menjadi lebih rentan ketika tergores sedikit saja.

5. Kurang Vitamin C dan K
Vitamin C yang kurang juga salah satu penyebab gusi berdarah, hal ini dikarenakan Vitamin C berguna untuk membuat gusi lebih kuat dan tahan terhadap kuman. Vitamin C juga bisa membantu gusi cepat sembuh ketika terluka. Selain itu, kekurangan Vitamin K juga juga menyebabkan gusi berdarah, karena Vitamin K bisa membantu proses pembekuan darah.

6. Hormon yang Berubah
Gusi akan lebih sensitif ketika terjadi perubahan hormon, terutama saat wanita sedang hamil, menstruasi, menopause. Perubahan hormon ini menyebabkan gigi jadi leih sensitif ketika tergores sesuatu.

Itulah beberapa penyebab gusi berdarah yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, menjaga kesehatan gusi sama pentingnya dengan menjaga kesehatan gigi. Karena gusi sendiri merupakan tempat untuk menopang gigi. Dengan menjaga kesehatan mulut, rajin menyikat gigi secara benar, maka gusi akan lebih sehat.

0 komentar:

Posting Komentar