Minggu, 27 Januari 2019

Fungsi Spooring Mobil yang Penting Untuk Diketahui

Fungsi Spooring Mobil yang Penting Untuk Diketahui

Fungsi spooring mobil terbukti memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Menjaga kinerja kendaraan sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh Anda. Agar bisa berfungsi normal setiap saat, harus rutin dicek dan diperbaiki jika ada kerusakan. Kerusakan atau masalah yang sering terjadi pada mobil terletak pada kaki-kakinya.

Ini wajar, karena kaki-kaki inilah yang menopang seluruh beban mobil, sehingga tidak jarang ketika membeli mobil second, bagian ini selalu dicek lebih detail, karena rawan rusak. Kaki-kaki mobil tersebut jika sering diajak jalan-jalan ke medan yang berat. Lama kelamaan tidak seimbang, hingga bagian kemudi sering sekali tidak sensitif bahkan berat.

Akhirnya ban menjadi mudah gundul sebagian, karena ban yang miring sehingga salah satu sisi terkena beban lebih. Selain itu kemudi juga jadi kurang presisi. Hal ini sangat membahayakan pengemudi, dan solusi yang bisa pemilik mobil lakukan adalah dengan spooring dan balancing.

Fungsi Spooring dan Balancing

Fungsi spooring mobil adalah untuk meluruskan roda, atau mengembalikan setting roda depan dan belakang seperti sedia kala. Jadi seting-an ban mobil itu ada standart-nya, dan ketika mobil sering digunakan, setting-an ini akan berubah. Selain jarak, kondisi jalan juga sangat mempengaruhi perubahan setting-an ban tersebut. Jalan yang berlubang membuat kaki-kaki lebih rentan hingga akhirnya posisi ban depan dan belakang tidak lurus.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk melakukan spooring? Ada rentan waktu dan kondisi kendaraan untuk menentukan waktu spooring yang tepat. Normalnya spooring dilakukan setiap 20.000Km, namun mobil harus segera di spooring ketika pemilik sudah merasakan hal berikut:
  • Setir sudah terasa berat untuk dibelokan, karena posisi ban depan yang tidak sejajar.
  • Ketika melaju di jalan yang lurus, mobil selalu bergerak kearah kanan atau kiri. Dan meskipun diluruskan, tetap akan bergerak.
  • Kemudi enteng sebelah. Kondisi dimana pemilik mobil merasakan mobil lebih enteng di belokan ke kanan namun ke kiri susah, dan sebaliknya.
  • Merasakan guncangan pada kemudi, saat mobil melaju pada kecepatan tertentu, biasanya di 85KM/Jam.

Itulah fungsi spooring mobil dan waktu yang tepat untuk melakukanya. Meskipun ada jarak tempuh rutin untuk spooring, tapi jika sudah merasakan hal di atas, jangan lupa dibawa ke bengkel. Biasanya spooring ini satu paket dengan balancing, apa itu balancing?

Balancing Pada Mobil

Balancing ini berfungsi untuk menstabilkan putaran pada keempat ban mobil. Ini dilakukan dengan menambahkan pemberat di velg mobil berupa timah, sehingga putaran ban lebih stabil dan nyaman saat dikendarai. Lalu, apakah tanda-tanda yang bisa dikenali jika mobil membutuhkan balancing? Kenali tanda-tanda berikut:
  • Ban mobil gundul sebelah, ketika ban mobil terkikis tidak rata. Itu berarti ada ketidakseimbangan putaran dan berat yang diampu salah satu sisi ban, sehingga perlu balancing.
  • Ketika diparkir mobil miring, hal yang mudah di kenali adalah mobil yang miring saat dikendarai atau di parkir. Ini adalah kode keras mobil minta dibawa ke bengkel.

Balancing sendiri memberi berbagai manfaat pada mobil, seperti membantu efisiensi bahan bakar, menambah umur ban agar tidak cepat gundul, setir menjadi lebih stabil, ban tidak lagi berdecit saat belokan tajam, serta kaki kaki mobil jadi lebih awet. Dan yang pasti meningkatkan kenyamanan berkendara.
Itulah fungsi spooring mobil dan balancing yang perlu pemilik mobil ketahui untuk menjaga kendaraan selalu dalam kondisi prima, aman dan nyaman dikendarai.

0 komentar:

Posting Komentar