Senin, 01 April 2019

Tips Memilih Jasa Tukang Bangunan untuk Membangun Rumah

Tips Memilih Jasa Tukang Bangunan untuk Membangun Rumah

Jasa tukang bangunan dalam membantu membangun maupun renovasi rumah sangatlah dibutuhkan. Tentu Anda tidak ingin mengeluarkan banyak budget untuk membangun atau renovasi rumah, apalagi dengan hasil yang tidak maksimal. Misalnya setelah selesai direnovasi, genteng ternyata bocor, pintu dan jendela susah ditutup dan muncul masalah lainnya.

Kemungkinan rumah yang tidak sesuai dengan keinginan Anda dikarenakan pemilihan bahan baku yang kualitasnya buruk atau karena pengerjaannya tidak maksimal. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih jasa tukang bangunan agar rumah yang dibangun atau direnovasi terwujud sesuai keinginan.

1. Memperhatikan rekam jejak tukang atau kontraktor

Ketika Anda ingin memanfaatkan jasa tukang bangunan maka perhatikan rekam jejaknya. Karena ini akan sangat berpengaruh pada keberhasilan renovasi atau pembangunan rumah. Pertanyaan mendasar yang bisa ditanyakan pada tukang adalah “pernah mengerjakan apa saja sebelum ini?”.

Anda bisa melihat hasil bangunan yang sudah dibangun oleh tukang tersebut dan tanyakan juga pada orang yang pernah bekerja dengannya mengenai kinerja atau hasil bangunan yang sudah dibuat, apakah memuaskan atau tidak?

2. Mengetahui apa yang ingin dikerjakan

Sebelum Anda mulai renovasi atau membangun rumah, sebelumnya rinci terlebih dahulu apa saja yang akan dibangun dan pekerjaan apa saja yang akan dikerjakan oleh tukang bangunan. 

Jika ternyata pekerjaan yang diberikan kepada tukang bangunan sedikit, maka Anda bisa menyewa jasa tukang bangunan dengan sistem harian, jadi sistem pembayarannya per hari. Namun jika pekerjaan yang dibebankan cukup berat, maka Anda bisa memilih tukang bangunan dengan sistem borongan. 

Misalnya Anda menyewa tukang bangunan harian, tetapi ternyata membuat pengeluaran membengkak, berarti lingkup pekerjaan terlalu besar dan mestinya Anda memilih tukang bangunan borongan.

3. Membuat kontrak tertulis

Selanjutnya yaitu membuat kontrak tertulis. Dengan adanya kontrak ini, maka akan membuat tukang bangunan menjadi lebih bertanggung jawab dan tidak akan meninggalkan pekerjaannya di tengah proses pembangunan. 

Anda bisa menuliskan poin-poin yang berkaitan dengan pembangunan, misalnya jika nanti terjadi masalah pada pembangunan seperti genting bocor atau rumah yang mudah rusak, semuanya bisa Anda tuliskan pada kontrak. 

Di dalam kontrak juga bisa dituliskan berapa besaran bayaran yang akan diterima tukang bangunan, lalu pekerjaan apa saja yang wajib dikerjakannya, dan waktu bekerja, serta bahan baku apa saja yang akan dipakai. Sebagai jaminan, mintalah fotokopi KTP dari tukang bangunan yang akan bekerja dengan Anda.

4. Menggunakan jasa konsultan arsitektur

Demi kelancaran dari pekerjaan tukang bangunan, Anda bisa memakai jasa pengawasan arsitek. Namun di Indonesia sendiri, penggunaan jasa konsultan arsitektur memang belum banyak digunakan. Padahal ini akan sangat bermanfaat dan berpengaruh pada proses pembangunan atau renovasi rumah.

Banyak yang mengganggap membayar jasa arsitek cukup mahal dan hanya membantu untuk merancang bentuk rumah. Padahal lebih dari itu, arsitek bisa membantu Anda dalam menghitung biaya yang harus dikeluarkan serta memilih bahan baku bangunan sesuai kebutuhan. Dengan begitu, maka bisa terhindar dari penipuan bahan baku yang biasanya dilakukan tukang. Adanya arsitek seperti menjadi pengawas pekerjaan tukang agar lebih efisien.

Jika disimpulkan maka dengan adanya arsitek bisa menghemat pengeluaran yang ada. Anda juga bisa memilih jasa arsitek yang disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Solusi tepat bagi Anda yang tidak memiliki budget lebih untuk menyewa arsitek ialah Anda bisa mulai memakai jasa mahasiswa arsitektur, tentunya kemampuan yang mereka miliki hampir sama.

Demikian tips menggunakan jasa tukang bangunan, dengan adanya jasa ini maka acara proses pembangunan rumah maupun renovasi rumah bisa terwujud dengan baik. 

0 komentar:

Posting Komentar