Senin, 01 April 2019

Alasan kenapa Luka Pada Penderita Diabetes Susah Sembuh

Alasan kenapa Luka Pada Penderita Diabetes Susah Sembuh

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya. Salah satu ciri dari penyakit ini adalah luka lama sembuh. Hal ini terjadi karena tingginya kadar glukosa sehingga darah sulit atau terhambat pada kulit. Jika penderita diabetes telah mengalami hal ini, tentu harus segera dilakukan pengobatan dan penanganan yang tepat. Karena, luka tersebut bisa saja terus mengalami pertumbuhan dan semakin parah.

Ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan kenapa luka pada penderita diabetes sulit sekali hilang. Berikut ini akan kami paparkan beberapa alasannya:

1. Sirkulasi Darah yang Terhambat

Seperti yang telah kami paparkan di atas, salah satu alasannya adalah terhambatnya sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Hal ini terjadi karena tingginya tingkat glukosa atau gula darah sehingga mengakibatkan komplikasi, salah satunya ialah menyempitnya dinding pembuluh darah dan mengalami penyempitan. Bagian tubuh yang terluka pada penderita diabetes tentu memerlukan oksigen dan nutrisi yang terkandung dalam darah agar cepat sembuh.

Kurangnya asupan oksigen dan nutrisi pada bagian luka penderita diabetes, mengakibatkan sel-sel tubuh semakin sulit untuk memperbaiki kerusakan saraf maupun jaringan.

2. Menurunnya Kekebalan Tubuh

Dijelaskan oleh seorang dokter dari Amerika Serikat, bernama Asquel Getaneh, kadar glukosa yang tinggi dapat mengakibatkan sel-sel yang bertugas sebagai imun atau menjaga kekebalan tubuh melemah. Dengan demikian, luka sedikit saja yang terjadi pada penderita diabetes bisa menjadi infeksi yang sulit sekali diobati.

3. Kerusakan Saraf (Neuropati)

Salah satu komplikasi yang diakibatkan oleh penyakit diabetes adalah kerusakan saraf atau neuropati. Kondisi ini adalah kondisi dimana penderita diabetes sudah tidak dapat lagi merasakan nyeri, sakit maupun perih pada bagian yang terdapat luka. Hal ini karena saraf-saraf pada tubuh telah mengalami kerusakan karena tingginya kadar glukosa. Saraf-saraf ini tidak mampu lagi mengirimkan sinyal rasa sakit pada otak.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa luka penderita diabetes susah sekali untuk sembuh. Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui cara merawat luka yang baik dan benar. Jika luka tidak mengalami perubahan atau semakin parah dalam waktu 48 jam, maka segeralah kunjungi dokter terdekat. 

0 komentar:

Posting Komentar