Minggu, 21 April 2019

Memilih Botol Susu untuk Bayi

Memilih Botol Susu untuk Bayi

Saat seorang bayi sudah tidak lagi meminum ASI langsung dari ibunya, maka akan diberi susu bubuk yang biasa anak kecil minum melalui botol susu dan dot. 

Namun tahukah anda bahwa tidak semua botol susu dan dot aman untuk digunakan oleh bayi dan anak kecil? Botol susu kebanyakan dibuat dari plastik. 

Karena plastik memiliki kelebihan tersendiri, yaitu beratnya yang lebih ringan dibandingkan dengan bahan yang lain sehingga lebih nyaman untuk dipegang dan digunakan oleh bayi. Selain itu, botol susu dari plastik juga lebih murah dan mudah ditemukan.

Namun di samping kelebihan tesebut, banyak orang yang merasa khawatir dengan kandungan bahan kimia dalam botol plastik. Itu karena bahan plastik ada yang aman dan tidak aman untuk digunakan sebagai tempat makanan atau minuman. 

Oleh karena itu, pilihlah bahan plastik yang memiliki label BPA-Free atau sudah terbukti Food Grade dan aman untuk digunakan. Selain itu, sebaiknya pilihlah botol susu yang terbuat dari plastik dengan nomor 2 atau 5. Hindari memilih botol susu dengan plastik nomor 7 karena banyak mengandung BPA. 

Pilih juga botol susu yang sesuai dengan kebutuhan si kecil. Pilihlah botol dengan ukuran 50 ml jika bayi masih kecil dan tingkatkan ke ukuran yang lebih besar saat bayi sudah mulai tumbuh.

Untuk memilih dot bayi juga harus sama telitinya. Dot bayi yang terbuat dari lateks biasanya lebih lembut dan fleksibel, tapi tidak bertahan lama. Bahan lateks juga terkadang memberikan efek alergi pada bayi. Sedangkan dot bayi yang terbuat dari bahan silikon biasanya lebih kuat dan tahan lama.

Selain dengan membeli botol susu dan dot dengan bahan yang aman, para orang tua juga harus dengan benar mencuci botol susu bayi setelah digunakan. 

Gunakanlah sabun yang aman dan Food Grade untuk mencuci botol susu bayi. Sleek Baby menyediakan produk yang dibutuhkan untuk merawat bayi berupa sabun khusus untuk mencuci peralatan makan dan minum si kecil yang tentunya terbuat dari bahan yang aman.

0 komentar:

Posting Komentar