Sabtu, 18 Mei 2019

Inilah 4 Ciri Asuransi Kendaraan yang Terpercaya

Inilah 4 Ciri Asuransi Kendaraan yang Terpercaya

Berkendara tanpa cemas memang menjadi impian setiap orang. Untuk menciptakan hal tersebut, tentunya Anda harus melakukan beberapa hal, salah satunya yaitu dengan beli asuransi mobil. Asuransi bisa membuat kendaraan Anda lebih terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kerusakan akibat bencana alam maupun kecelakaan, kehilangan, dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda pun tidak perlu khawatir karena pihak perusahaan akan menanggung biaya tersebut.

Saat Anda berminat untuk menggunakan asuransi kendaraan, tentu harus mengetahui prosedur apa saja yang harus Anda ikuti. Anda akan diminta untuk mempelajari syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku di perusahaan tersebut. Seperti biaya premi, jenis asuransi yang akan digunakan, biaya ganti rugi, dan lain sebagainya. Setelah memahami semua aturannya, barulah Anda menandatangani polis asuransi dengan pihak perusahaan tersebut.

Sebelum menandatangani surat perjanjian, ada baiknya Anda memperhatikan perusahaan asuransi mana yang bisa benar-benar memberikan jaminan pada kendaraan Anda. Sekarang ini banyak sekali asuransi-asuransi kendaraan ilegal yang kemungkinan besar memberikan kerugian bukannya manfaat pada kendaraan Anda. Asuransi ilegal ini biasanya memiliki rekam jejak yang buruk dalam memberikan penawaran produk dan melayani para nasabah.

Apa saja dampak negatifnya?

Asuransi ilegal berarti tidak memiliki izin operasional dari otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, perusahaan asuransi ilegal ini memberlakukan aturan yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh OJK yang mana sewaktu-waktu bisa merugikan Anda. Ada beberapa dampak negatif jika Anda menggunakan asuransi ilegal, diantaranya:

1. Bisa disalahgunakan untuk tindak pidana seperti pendanaan ilegal

2. Penyalahgunaan data dan informasi pribadi nasabah
3. Tidak adanya jaminan perlindungan
4. Cenderung tidak adanya penerimaan pajak
5. Tidak adanya rasa percaya pada fintech peer-to-peer lending.

Oleh karena itu, agar Anda tidak terjebak oleh asuransi ilegal, simak ciri-ciri asuransi kendaraan terpercaya berikut ini.

1. Sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar di OJK, bisa dipastikan memiliki status yang kredibilitas yang terpercaya. Dengan begitu, perusahaan tersebut akan mengikuti standar aturan OJK yang berlaku. Cara mengetahui perusahaan ini sudah terdaftar atau belum, yaitu dengan menghubungi kantor layanan konsumen OJK yang sudah tersedia di berbagai wilayah Indonesia.

2. Memiliki pelayanan klaim yang professional
Perusahaan asuransi yang kredibel tentu saja memiliki pelayanan klaim yang professional. Proses klaim akan berlangsung secara mudah karena prosedurnya pun tidak berbelit-belit. Pada saat melakukan klaim, petugas asuransi akan memberikan penjelasan mengenai persyaratan apa saja yang harus dipenuhi.

3. Adanya perjanjian secara tertulis
Perjanjian secara tertulis menjadi salah satu ciri asuransi kendaraan yang terpercaya. Jika adanya pergantian perlindungan, maka pihak asuransi tidak hanya menghubungi Anda lewat e-mail atau telepon, tetapi juga memberikan perjanjian tertulis (endorsement). Dengan begitu, nasabah pun bisa mengetahui secara rinci prosedur-prosedur pergantian tersebut.

4. Adanya kesesuaian premi
Perusahaan asuransi yang terpercaya tentu saja akan memberikan pelayanan dan penawaran produk yang baik bagi nasabah. Pada saat memberikan penawaran biaya premi, perusahaan tersebut tentu akan memberikan harga yang sesuai dengan apa yang nantinya akan Anda terima. Dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan perlindungan yang maksimal dari pihak asuransi.

Demikianlah beberapa ciri asuransi kendaraan yang terpercaya. Bagi Anda yang sedang mencari perlindungan terpercaya dan aman untuk kendaraan Anda, Anda bisa menggunakan asuransi kendaraan MSIG. 

0 komentar:

Posting Komentar