Rabu, 30 Oktober 2019

Cara Mudah Cerah Kram saat Haid

Cara Mudah Cerah Kram saat Haid

Efek nyeri haid atau kram perut yang dialami oleh para wanita muncul beragam, beberapa merasa biasa saja tetapi tak sedikit juga yang merasa sakit hingga mengganggu kegiatan sehari-hari perempuan tersebut. Tak perlu khawatir, kini terdapat cara mudah mengatasi kram perut saat haid bagi para perempuan.

Nyeri haid terjadi akibat perubahan tubuh perempuan dalam masa menstruasi, rendahnya oksigen dalam pembuluh darah yang terdapat di dinding rahim mengakibatkan munculnya zat prostaglandin, zat inilah yang memicu rasa sakit atau kram yang berpusat di bawah perut perempuan ketika akan dan sedang dalam masa menstruasi.

Mencegah Kram Haid Mudah
Kram yang disebabkan ketika seorang perempuan dalam masa menstruasi erat hubungannya dengan dismenore, lalu apa itu yang disebut dengan dismenore? Beberapa penjelasan berikut ini akan memudahkan Anda dalam mencegah serta mengatasi efek kram perut ketika menstruasi.

Penyebab utama dismenore adalah adanya kontraksi otot pada dinding rahim, jika kontraksi ini terlalu kuat dapat menekan pembuluh darah pada area tersebut sekaligus memotong pasokan oksigen ke jaringan otot rahim. Hal inilah yang memicu munculnya zat kimia prostaglandin, pemicu rasa sakit.

Terdapat beberapa cara mengatasi dismenore kram perut ketika Anda mengalami menstruasi. Cara mudah ini bisa diaplikasikan bagi para perempuan, bahkan ketika Anda melakukan aktivitas sehari-hari, selain itu tidak memerlukan usaha lebih dalam melaksanakannya.

1. Hindari Makan Berlemak
Konsumsi makanan yang rendah lemak dan perbanyak konsumsi jenis makanan kaya akan serat seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang dan biji-bijian sangat dianjurkan jika seorang perempuan berada dalam masa menstruasi. Disarankan untuk menghindari makanan berlemak, seperti gorengan hingga makanan cpat saji.

2. Banyak Minum Air Putih
Mengonsumsi air putih sangat disarankan bagi para perempuan yang sedang dalam masa menstruasi uncuk mencegah terjadinya kram perut, air putih ini bisa dimasukkan botol dan dibawa dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bisa pula ditambahkan dengan rasa seperti perasan air jeruk agar lebih menggugah selera.

3. Pijat Bagian yang Kram
Anda juga bisa memijat dengan lembut area perut bawah dengan gerakan memutar secara pelahan-lahan dan tidak menekan dengan kuat. Anda bisa menambakan minyak aromaterapi ketika memijat, hal ini juga dapat membuat Anda merasa semakin rileks.

0 komentar:

Posting Komentar