Rabu, 06 November 2019

Istilah yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Investasi Ritel

Investasi Ritel

Investasi SBR merupakan salah satu jenis surat berharga negara atau surat utang negara yang ditawarkan kepada perseorangan atau individu atau seringkali disebut ritel. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan investasi jenis ini, Anda harus mengetahui beberapa istilah yang terkait di dalamnya supaya kedepannya Anda tidak merasa kebingungan. 

Berikut ini istilah yang ada di dalam investasi Savings Bond Ritel (SBR) yaitu:

1. Kupon
Kupon merupakan bunga maupun timbal balik yang dihitung berdasarkan pada presentasi jumlah pokok hutang dalam setahun. Sementara untuk pembayarannya dapat dilakukan setiap bulan sekali.

2. Masa Penawaran
Dalam investasi Savings Bond Ritel masa penawaran merupakan jangka waktu dan ditentukan pemerintah untuk dapat membeli produk SBR. Artinya untuk masyarakat yang ingin membeli SBR dapat melakukan pemesanan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan pemerintah. 

3. Tanggal Penetapan
Apabila Anda sudah melakukan proses pemesanan dalam masa penawaran, maka kementerian keuangan akan menetapkan jumlah pesanan SBR yang telah masuk.

4. Jatuh tempo atau maturity
Jatuh tempo atau tenor merupakan masa berlaku atau jangka waktu investasi. Jika jangka waktu SBR sudah habis, maka uang atau modal pokok pemegang SBR dikembalikan oleh pemerintah secara keseluruhan. Pada biasanya tenor akan berlaku hingga 2 tahun.

5. Setelmen
Setelmen merupakan tanggal penyelesaian yang mana apabila Anda sudah membeli SBR sesuai tanggal masa penawaran, maka Anda dinyatakan resmi menjadi investor. Sementara untuk perhitungan kupon SBR dapat dimulai tanggal saat Anda membeli SBR.

6. Floating with Floor
Istilah floating with floor mempunyai arti yaitu besaran kupon SBR yang disesuaikan pada perubahan tingkat suku bunga yang ada di Bank Indonesia yang mana hal ini dijadikan sebagai acuan. Kupon floating with floor akan ditetapkan pada nilai minimal 7,5% per tahunnya.

Masih ada banyak istilah yang ada di dalam SBR, untuk itu, Anda wajib memahami setiap istilah yang ada didalamnya supaya Anda lebih mudah ketika akan melakukan investasi. Untuk memudahkan Anda mengenal semua istilah SBR yang ada di tanamduit, Anda bisa mengaksesnya melalui sumber : https://id.tanamduit.com/.

0 komentar:

Posting Komentar