Selasa, 17 Maret 2020

Mengenal Jenis dan Kelebihan Wheel Loader

Wheel Loader

Wheel loader adalah alat yang memiliki sama fungsi dengan dozer, yaitu digunakan untuk pemindahan material dari satu alat ke alat yang lain dalam jarak dekat. Wheel loader merupakan alat berat yang menggunakan ban karet. Kualitas ban yang mumpuni tentunya berperan sangat penting bagi alat berat yang satu ini. Maka dari itu, memilih tempat jual ban loader dengan kualitas terbaik merupakan hal yang tidak boleh disepelekan.

Saat ini, ada banyak tempat jual ban loader yang tersebar di pasaran. Salah satunya yaitu Berkat Partindo Abadi yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang mencari tempat jual ban traktor dan alat berat lainnya dengan kualitas terbaik dan juga menjaga kepercayaan dan kepuasan setiap pelanggannya.

Alat pemindah wheel loader memiliki jarak tempuh sangat pendek karena sifatnya hanya memindahkan material saja, sedangkan alat angkut bisa menempuh jarak yang jauh seperti truk. 

Wheel loader menggunakan ban karet yang dipompa, dan penggunaannya dimaksudkan untuk memperoleh kecepatan yang lebih besar dari Crawler loader, tetapi Wheel loader memiliki daya tarik yang lebih kecil dari Crawler loader. Tipe Wheel loader ada dua yaitu, Wheel loader roda dua dan Wheel loader roda empat. Berikut ini beberapa perbedaan Wheel loader roda 2 dan Wheel loader roda 4.

Wheel loader roda dua

Wheel loader roda empat lebih nyaman dikemudikan, pada kondisi kerja jalan yang sangat jelek lebih stabil sehingga kemungkinan berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi lebih besar. Traktor jenis ini jika dilepas dapat bekerja sendiri.

Wheel loader roda empat

Jika dibandingkan dengan yang menggunakan roda empat Wheel loader roda dua mempunyai kemungkinan selip yang lebih besar, tetapi sebaliknya Wheel loader ruda dua memiliki kemampuan menarik yang lebih besar, sebab seluruh beratnya dilimpahkan pada dua roda saja. 

Selain itu pemeliharaan Wheel loader dengan roda dua lebih murah karena jumlah rodanya lebih sedikit; tetapi karena rodanya lebih sedikit itulah maka Wheel loader mempunyai ketahanan gelinding yang lebih kecil. 

Kelebihan dari Wheel Loader

Kelebihan dari Wheel Loader tentu sangat penting untuk kelancaran pekerjaan pada proyek- proyek konstruksi. Dengan penggunaan loader tentu pekerjaan akan lebih efisien dan maksimal. 

Selain itu, kelebihan dari Wheel Loader ini yaitu mobilitasnya yang tinggi, kemudian manuever daerah pemuatan loading point lebih sempit dibanding dengan power shovel, dan juga kerusakan loading point lebih kecil karena menggunakan ban karet.

Cara Pengoprasian Wheel Loader

Untuk mengoperasikan Wheel Loader tentu operator harus mengetahui komponen- komponen beserta cara kerja yang terdapat pada unit ini. Terlebih pada kegiatan pengisian bucket Loader dan bongkar muat loader agar alat ini dapat bekerja dengan efisien dan hemat waktu.

Loader bekerja dengan mengguanakan sistem hidrolik. Penggunaan tenaga hidrolik memiliki daya atau tenaga yang sangat besar, sehingga bisa memungkinkan untuk mengeruk, mengangkut material atau benda yang berukuran besar.

Cara Kerja Wheel Loader

Cara kerja Loader adalah pada saat pengisian bucket, pada awalnya ujung bucket menyentuh permukaan tanah atau material kemudian loader maju perlahan seperti mengeruk hingga material tersebut masuk ke dalam bucket dan bergerak turun. Pada saat material sudah masuk ke bucket maka bucket diangkat agar material tidak keluar.

Pada saat bongkar muat seperti untuk membongkar muatan bucket ke truk atau bak truk maka loader bergerak maju dan arm beserta bucket diangkat hingga posisi bucket di atas truk. Kemudian bucket diputar ke bawah secara perlahan hingga material mengisi bak truk. Setelah bucket kosong putar kembali bucket ke atas dan mundur perlahan.

0 komentar:

Posting Komentar