Senin, 29 Juni 2020

Cara Kerja Listrik Tenaga Surya

Cara Kerja Listrik Tenaga Surya

Cara kerja listrik tenaga surya ini cukup sederhana. Komponen utama dari sumber energi ini adalah sel foltovotaik. Sel tersebut berperan untuk menangkap panas matahari yang nantinya akan diubah menjadi sebuah energi listrik.

Jika pembangkit listrik tenaga surya ini dibandingkan dengan pembangkit listrik yang lain, jenis pembangkit listrik tenaga surya ini diakui lebih ramah lingkungan, murah dan hampir tidak memiliki polusi ataupun limbah dalam prosesnya.

Itulah beberapa keuntungan dari listrik tenaga surya ini. Bagimanakah cara kerja listrik tenaga surya ini? Setelah panas matahari ditangkap oleh sel foltovotaik, kemudian panas matahari tersebut akan digunakan untuk memanaskan cairan yang selanjutnya menjadi uap, uap tersebut akan dipanaskan oleh sebuah generator yang akhirnya akan menghasilkan listrik.

Secara umum, cara kerja kistrik tenaga surya ini hampir sama seperti cara kerja pembakaran bahan bakar fosil dalam pengolahannya. Hal yang membedakan pembangkit listrik bahan bakar fosil dan pembangkit listrik tenaga surya ini adalah uap yang dihasilkan itu bukan dari pembakaran minyak fosil, akan tetapi dari tenaga surya atau cahaya matahari.

Alasan Energi Surya Menjadi Listrik

Perlu diketahui bahwa di alam semesta ini, ada dua jenis sistem energi surya. Yaitu energi surya pasif dan energi surya aktif. Untuk sistem energi surya pasif, kita tidak membutuhkan peralatan khusus untuk menerima energi surya tersebut. Misalnya adalah ketika kita memarkir motor di bawah terik matahari, jok motor akan menjadi sangat panas. Untuk sistem energi surya aktif, kita membutuhkan cara dan peralatan untuk bisa mengumpulkan energi matahari tersebut dan menyimpannya.

Cara kerja listrik tenaga surya baik termal ataupun fotovaltaik ini, memanfaatkan energi surya sistem aktif. Di mana listrik tenaga surya nanti akan membutuhkan alat khusus untuk menyerap energi matahari dan meminimalisir pemantulan sinar mataharinya. Kemudian dikumpulkan dan diproses hingga menjadi sebuah energi listrik.

Saat ini pun, panas energi matahari juga telah dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari untuk hal yang lebih modern. Matahari tidak hanya bisa mengeringkan pakaian yang dijemur, tetapi matahari juga bisa digunakan untuk menghangatkan rumah di malam hari. Misalnya rumah yang berada di daerah dataran tinggi, pemanfaatan ini dinamakan rumah kaca panas surya. Bila anda tertarik untuk Pasang Solar Panel dapat dilakukan di sewatama yang terpercaya berkualitas.

0 komentar:

Posting Komentar