Kamis, 23 Juli 2020

Macam-macam Jaringan Internet

Jaringan Internet

Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat di era modern. Namun, internet dengan provider jaringan stabil pasti akan digemari oleh masyarakat tentunya.

Apakah internet itu memiliki beberapa jenis ? Jawabannya adalah iya, internet memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis dari jaringan internet dibagi kedalam beberapa kelompok, yaitu berdasarkan jangkauan geografis, distribusi sumber informasi/data, media transmisi data, dan berdasarkan peranan tiap komputer.

Ternyata jaringan internet tidak hanya satu jenis saja. Banyak jenis jaringan internet tergantung dari jenis cakupannya, berikut info selengkapnya :

1. WAN ( WIDE AREA NETWORK )

WAN atau Wide Area Network ini ada jaringan internet yang seperti sudah saya sebutkan tadi, jaringan internet yang cakupannya sangat luas dan bisa mencakup suatu negara sekaligus, jaringan ini menghubungkan beberapa LAN dan jumlah LAN yang bisa dihubungkan sangat banyak karena cakupannya yang luas. Jaringan WAN dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer yang membutuhkan Router dan saluran komunikasi publik. Jaringan WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan LAN dengan jaringan LAN yang lainnya sehingga komputer yang satu dapat berkomunikasi dengan komputer yang berada di wilayah lainnya.

2. MAN ( METROPOLITAN AREA NETWORK )

Jaringan MAN adalah jaringan di suatu kota yang memiliki transfer data yang cukup tinggi, jaringan ini menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, pemerintah, perkantoran dan sebagainya. Jaringan MAN ini merupakan pengembangan dari jaringan LAN, jaringan ini bisa mencakup dengan jarak 10 km hingga 50 km. Jaringan ini sangat cocok untuk jaringan di kantor-kantor dalam satu wilayah kota.

3. LAN ( LOCAL AREA NETWORK )

LAN adalah jaringan komputer yang cakupannya kecil seperti jaringan pada sekolah, rumah bahkan lebih kecil lagi. Jaringan LAN berbasis pada IEEE 802.3 Ethernet dan menggunakan perangkat switch yang kecepatannya hanya 10 -1000 Mbit/s. Jaringan ini juga sering menggunakan 802.11b yang sering kita sebut dengan jaringan wifi, jadi selain menggunakan ethernet jaringan LAN juga bisa dibentuk menggunakan jaringan Wi-fi, tempat yang menyediakan jaringan LAN yang menggunakan jaringan Wifi disebut area Hotspot.

4. HAN ( HOME AREA NETWORK )

Jaringan HAN jika dilihat dari namanya saya kita pasti sudah tau. Jaringan ini hanya mencakup satu rumah saja.

5. PAN ( PERSONAL AREA NETWORK )

PAN ini cakupannya lebih kecil dari HAN karena jaringan PAN ini hanya mencakup perseorangan saja, cakupannya hanya sampai 10 meter saja. Contohnya adalah ketika kita berbagi file menggunakan bluetooth, kalian pasti tau berapa jaraknya ketika kita menggunakan bluetooth.

6. WIRED NETWORK ( JARINGAN MENGGUNAKAN KABEL )

Dari nama kita pasti sudah tau, jaringan ini hanya menggunakan kabel saja agar bisa saling berkomunikasi atau mentransfer data. Ada beberapa kabel yang bisa digunakan dalam jaringan ini. Namun yang paling sering digunakan adalah kabel Fiber Optik dan UTP saja pada jaringan ini.

7. WIRELESS NETWORK ( JARINGAN TANPA KABEL )

Jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk mengirim data melainkan jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirim sinyal atau dapat pada suatu komputer . maka dari itu kita membutuhkan perangkat wireless adapter untuk mengirim dan menerima data dari komputer lain.

8. JARINGAN PEER TO PEER 

Jaringan peer to peer ini adalah jaringan yang keduanya bisa berperan sebagai server maupun client.

9. JARINGAN SERVER CLIENT 

Pada jaringan ini terdapat server dan client, berbeda dengan peer to peer yang keduanya bisa dijadikan server atau client. Jaringan ini sudah ada tugasnya masing masing, server tidak bisa menjadi client dan sebaliknya.

0 komentar:

Posting Komentar