Kamis, 17 September 2020

Bak Surga, Ini Wisata Banyuwangi dengan Pesona Luar Biasa

Sebagai kabupaten terluas di Pulau Jawa, Banyuwangi tentu menyimpan banyak sekali potensi, salah satunya di bidang pariwisata. Seperti tetangganya, bali, potensi wisata Banyuwangi pun tidak diragukan lagi. Wisata Banyuwangi tersebar di sektor apa saja, baik itu alam, budaya, edukasi, modern dan lain sebagainya. Dan di antara semuanya, berikut beberapa potensi wisata Banyuwangi dengan pesona yang luar biasa.  

Jawatan Benculuk

Sumber: https://www.wowkeren.com/

Jawatan Benculuk diisi oleh pohon-pohon trembesi yang tumbuh dengan suburnya. mengunjungi tempat ini membuat Anda merasa sedang berada di hutan mistis yang kerap muncul di karya-karya fiksi. Hal ini disebabkan batang-batang pohon yang terjulur dengan lebar ditambah dengan daun-daun kecil memanjang yang memenuhinya.  

Puncak Asmoro

Sumber: https://explorewisata.com/

Berada di ketinggian 640 mdpl, di Puncak Asmoro Anda bisa melihat keindahan selat Bali dan lalu lalang kapal yang ingin menyeberang ke pulau tetangga. Dari sini Anda pun berkesempatan untuk melihat betapa gagahnya tiga gunung raksasa yakni Gunung Merapi, Gunung Meranti dan Gunung Raung. Puncak ini pun semakin terlihat indah karena sudah banyak spot-spot yang akan mempercantik feed Instagrammu. 

Gunung Raung

Sumber: https://phinemo.com/

Gunung Raung adalah gunung dengan puncak tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Arjuno. Gunung ini pun menjadi pemilik kaldera kering terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora. Gunung Raung menjadi salah satu primadona para pendaki. Ada empat puncak yang bisa didaki yakni Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan yang paling tinggi, Puncak Sejati. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk mendaki gunung ini diperlukan kemampuan pendakian yang mumpuni karena medannya yang cukup berat. 

Kawah Ijen

Sumber: https://nusadaily.com/

Kawah Ijen adalah tempat yang harus Anda kunjungi setidaknya sekali dalam seumur hidup. Karena hanya di sinilah Anda dapat melihat fenomena blue fire atau api biru yang sangat menakjubkan. Tidak hanya itu, wisata ini juga akan meneguhkan Anda danau kawah berwarna hijau tosca dan pemandangan matahari terbit yang luar biasa cantiknya. Namun hati-hati ya, karena terkadang kandungan gas belerang di sini bisa sangat tinggi yang mampu membahayakan tubuh. 

Pantai Plengkung

Sumber: https://www.mitatravel.id/

Spot berselancar  terbaik di Asia Tenggara ternyata ada di Indonesia, tepatnya di Pantai Plengkung, Banyuwangi. Kekaguman Anda pun tidak akan habis kepada pantai ini karena di sini pulalah salah satu dari tujuh ombak terbaik yang ada di dunia. Bagi Anda yang tidak ingin berselancar tidak perlu khawatir karena pantai biru jernih dengan pasir yang putih sudah memanggil untuk segera dikunjungi. 

Pulau Tabuhan

Sumber: https://www.ayosurabaya.com/

Pulau Tabuhan merupakan kecil-kecil cabe rawit. Meski kecil namun menyimpan pesona kecantikan yang besar. Pulau ini dikaruniai pantai biru, pasir putih serta pemandangan bawah laut yang cantik dan sangat kaya. ini yang menjadikan Pulau Tabuhan surga bagi pecinta snorkeling dan diving. Dan tahukah Anda mengapa pulau ini diberi nama Tabuhan? Itu karena angin yang berhembus di sini berhembus dan mengeluarkan suara seperti tabuhan musik. Hembusan angin ini pula yang membuat Pulau Tabuhan menjadi destinasi favorit bagi pecinta kite-boarding dan windboarding.  

Desa Wisata Osing Kemiren

Sumber: https://id.pinterest.com/

Jika ingin melihat kehidupan suku Osing, suku asli Banyuwangi, Anda bisa mampir ke Desa Wisata Osing Kemiren. Masyarakat di sini Asli keturunan kerajaan Hindu Blambangan. Keturunan ini berbeda dari masyarakat lainnya yang berada di pulau Jawa dan Bali baik dari segi bahasa maupun adat istiadat. Di desa ini Anda dapat melihat rumah-rumah kuno berusia ratusan tahun, budaya masyarakat Osing, berbagai pertunjukan khas suku Osing serta dapat membeli oleh-oleh khas. 

Taman Nasional Baluran

Sumber: https://wisatabagus.com/

Merasakan sensasi hutan Afrika tidak perlu jauh-jauh langsung ke negaranya, cukup ke Taman Nasional Baluran Anda sudah bisa menikmatinya. Taman nasional ini merupakan taman nasional dengan padang sabana terluas di Indonesia. Di sini Anda dapat melihat rusa yang berlarian bebas, monyet bergelantungan, sekumpulan banteng, elang beterbangan, kancil, bangau, merak dan lain sebagainya. 

Savana Sadengan

Sumber: https://travel.tribunnews.com/

Satu lagi destinasi padang sabana yang bisa Anda kunjungi ketika ke Banyuwangi, Savana Sadengan. Sabana ini hampir sama dengan Taman Nasional Baluran karena menghadirkan padang rumput luas dengan berbagai hewan liar di dalamnya. Di sini Anda pun bisa menemukan rusa, banteng, kijang, babi hutan hingga macan tutul dan masih banyak lainnya. Untuk melihat lebih dalam Anda bisa menyewa mobil jeep dari Perhutani. 

Dengan berbagai keindahan ini, tidak ada alasan lagi kan untuk tidak berwisata ke Banyuwangi

0 komentar:

Posting Komentar