Selasa, 13 Oktober 2020

5 Rekomendasi Obat Oles Untuk Kulit Gatal Di SehatQ.com

5 Rekomendasi Obat Oles Untuk Kulit Gatal Di SehatQ.com

Sebelum membeli krim untuk mengobati kulit gatal, sangat penting bagi anda untuk  melihat labelnya  terlebih dahulu dan pastikan krim yang anda pilih mengandung bahan-bahan yang aman untuk kulit. Akan tetapi, sebelumnya anda tetap wajib berkonsultasi dengan dokter agar tidak salah memilih krim untuk kulit gatal anda. Berikut beberapa rekomendasi obat oles untuk kulit gatal yang ada di SehatQ.com.

5 Rekomendasi Obat Oles Untuk Kulit Gatal

1. Hidrokortison

Hidrokortison merupakan salah satu krim steroid non-fluorinated yang dapat mengurangi peradangan pada kulit. Menurut dr. Ethan Lerner, Ph.D., seorang profesor dermatologi di Harvard Medical School, krim yang mengandung satu persen hidrokortison sangat bagus untuk mengobati ruam dan gatal yang disebabkan oleh logam perhiasan, gesper, dan iritan dari produk laundry.

Selain itu, krim ini juga cocok digunakan untuk membantu menyamarkan rasa gatal yang disebabkan oleh kondisi kulit akibat alergi pada area kulit yang tidak terlalu menyebar. Akan tetapi, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan hidrokortison selama lebih dari dua minggu. Pasalnya, pemakaian hidrokortison yang terlalu lama dapat menipiskan lapisan kulit dan bisa membuatnya menjadi lebih gatal.

Hindari penggunaan hidrokortison di sekitar jari kaki, vagina, dan pangkal paha yang biasanya disebabkan oleh infeksi jamur. Sebab, ini dapat membuat infeksi jamur menjadi lebih parah dan mengurangi sistem kekebalan tubuh Anda sehingga membuat jamur tumbuh subur. Anda bisa menggunakan obat ini sesuai dengan anjuran dokter.

2. Calamine

Rekomendasi obat oles yang ada di SehatQ.com selanjutnya adalah Calamine yang biasanya tersedia dalam bentuk lotion memang tidak sepopuler hidrokortison. Namun, kandungan calamine ini mengandung campuran oksida seng dan oksida besi yang sangat efektif untuk menghilangkan gatal dan mengeringkan ruam yang melepuh. Selain itu, gatal pada kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga dan sengatan terbukti ampuh teratasi dengan calamine.

3. Diphenhydramine

Diphenhydramine merupakan antihistamin yang banyak terdapat pada krim, gel, maupun semprot untuk mengobati kulit gatal. Diphenhydramine ini bekerja dengan menghalangi efek gatal dari histamin, senyawa yang diproduksi di kulit selama reaksi alergi. Kandungan Diphenhydramine direkomendasikan untuk kulit gatal yang disebabkan karena gigitan serangga atau sengatan hewan. 

4. Pramoxine

Informasi obat yang terdapat di layanan penyedia jasa kesehatan online SehatQ berikutnya adalah Pramoxine. Obat oles untuk kulit gatal satu ini merupakan anestesi ringan yang sering ditambahkan pada produk anti gatal yang juga mengandung hidrokortison atau bahan aktif lainnya. Kandungan ini efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga.

5. Menthol

Kandungan menthol pada krim obat gatal berfungsi untuk mengirimkan sensasi dingin ke kulit dan otak dengan mengalihkan perhatian Anda pada gatal yang dirasakan. Menthol ini sangat efektif untuk mengatasi kulit gatal, tapi sayangnya tidak untuk semua orang. Oleh karena itu,anda perlu diskusi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Tak hanya seputar informasi obat kulit namun masih banyak lagi obat lainnya yang bisa anda temukan di SehatQ.

Itulah beberapa rekomendasi obat oles untuk kulit gatal yang dapat anda temukan di SehatQ. Tak hanya menyediakan layanan seputar obat-obatan, akan tetapi SehatQ juga memiliki fitur lain seperti chat dokter, informasi penyakit dan masih banyak lagi fitur-fitur lainny yang dapat membantu anda. Untuk bisa menikmati fitur yang ada dalam SehatQ ini maka anda hanya perlu mendaftar terlebih dahulu dengan menggunakan email dan nomor telepon yang masih aktif. 

0 komentar:

Posting Komentar