Senin, 19 Oktober 2020

Domain .Io Mengapa Bisa Mahal? Cocok Untuk Website Apa?

Domain .Io Mengapa Bisa Mahal? Cocok Untuk Website Apa?
Sumber: freepik.com

Dunia digital memang berkembang dengan cepat, sehingga ada banyak sekali website menarik yang bisa diakses pengguna internet. Tidak peduli itu tentang website pendidikan, teknologi, gaming, dan lain sebagainya, biasanya mereka akan menggunakan domain .io. Padahal domain yang satu ini menunjuk pada Wilayah di Inggris bernama Indian Ocean.

Hanya saja secara tidak sengaja karakter .io tersebut mirip dengan singkatan dari Input dan Output dalam dunia komputer. Tak heran akhirnya banyak dipakai pada website dari perusahaan maupun startup di bidang komputer. Sedangkan arti io berupa input output lebih melekat di pikiran generasi muda sekarang. Kamu yang berminat menggunakannya, perlu baca ulasan ini.

Pengertian Domain .Io

Salah satu domain yang popularitasnya tinggi sampai dengan saat ini adalah .io. Domain tersebut masuk dalam country code top level domain (ccTLD). Domain tersebut dianggap oleh Google sebagai domain gTLD, karena sebagian besar penggunanya mengarah pada penggunaan secara fungsi berupa generik daripada merujuk pada penggunaan berbasis negara.

Domain tersebut bisa dipakai oleh siapa saja dan berasal dari belahan dunia manapun. Domain tersebut pertama kali dirilis pada 1997. Sebagian besar pengguna dari .io adalah perusahaan startup maupun browser game. Hanya sedikit sekali pengguna yang berdasarkan pada daerah Indian Ocean itu sendiri.
Salah satu pengguna brand yang mengenakan ekstensi domain tersebut adalah levi.io. Domain ini menduduki peringkat ketujuh sebagai domain yang ramai diperebutkan oleh pengguna internet. Namun tingkat kesulitan memperoleh nama domain masih belum sesulit .com. 

Domain .Io DItawarkan dengan Harga Tinggi

Ada banyak sekali perusahaan berbasis teknologi yang mendaftarkan nama domain dengan ekstensi .io. Beberapa contohnya adalah Greenhouse.io, Material.io, Keywordtool.io, dan lain sebagainya. Semua website tersebut memanfaatkan karakter io yang berarti input atau output. Karakter yang begitu singkat tersebut membuat konsumen mudah mengingat.

Berkat image futuristik yang diberikan oleh domain tersebut, harga yang ditawarkan menjadi jauh lebih tinggi daripada domain lainnya. Beberapa perusahaan besar dan terkenal yang juga memiliki URL dengan ekstensi .io adalah Yahoo, Coke, dan Google. Masing-masing dari alamat URL yang dibeli dengan ekstensi tersebut yakni yahoo.io, coke.io, dan google.io.

Seluruh perusahaan tersebut memang belum mengaktifkan domain tersebut, hanya saja mereka sengaja membelinya untuk melindungi kekayaan intelektual dari nama mereka. Domain ini mendapatkan perlakukan khusus dari Google yang mana merupakan domain peringkat kedua country code top level domain (ccTLD), tetapi diperlakukan sebagai domain tingkat pertama berupa generic top level domain (gTLD).

Keunggulan Menggunakan .Io Sebagai Start Up

Ada banyak keunggulan ketika konsumen memilih untuk menggunakan domain .io pada website mereka. Kamu akan bisa mengetahui seluruh kegunaannya berikut.

1. Memiliki Banyak Kesempatan Pilih Nama Domain

Domain .com memiliki sifat yang netral dan hampir setiap lini perusahaan akan bisa menggunakan domain yang satu ini dalam website mereka. Hal itu membuat ada banyak sekali nama domain yang sudah dipakai di website saat ini dan jumlahnya mencapai lebih dari 50% dari seluruh pengguna website yang ada di seluruh dunia.

Hal itu membuat pendatang baru kesulitan dalam memilih nama domain dengan ekstensi .com. Jika website yang akan mereka buat berkecimpung di dunia teknologi, disarankan untuk memanfaatkan ekstensi alternatif berupa .io. Tentunya itu dengan catatan menyediakan anggaran dana yang lumayan tinggi dalam pengelolaan website berektensi .io.

2. Mudah Dihafalkan

Ekstensi domain yang hanya menggunakan dua buah karakter tentu lebih mudah dihafalkan daripada yang menggunakan banyak karakter. Ketika semakin mudah suatu karakter ekstensi untuk dihafalkan, sisanya hanya tergantung pada pemilihan nama domain yang pendek. Jika itu semua sudah kamu lakukan, maka akan semakin mudah pengunjung dalam menghafalkan situs.

Saat suatu situs mudah untuk dihafalkan, maka memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mendapatkan trafik yang meningkat dari hari ke hari. Sangat berbeda dengan nama domain dengan ekstensi yang panjang. Jadi kalau kamu berkecimpung di dunia teknologi dan ingin membuat website, mengapa tidak menggunakan .io.

3. Memberikan Target atau Audiens yang Sesuai

Setiap pengunjung yang melakukan penelusuran terhadap website dengan ekstensi .io, pasti akan langsung mengetahui bahwa website yang dituju berkaitan dengan teknologi. Menggunakan ekstensi tersebut dapat membantu pemiliknya menghindari pengunjung yang salah sasaran. 

Kamu pasti tahu sendiri kalau ada pengunjung yang salah masuk website pasti akan langsung  berusaha untuk menutup website tersebut. Menggunakan ekstensi .io bisa membuat kamu mengetahui bagaimana cara menaikkan trafik tanpa perlu mempertimbangkan ada banyak pengunjung yang salah sasaran.

Apabila kamu tertarik mendaftar domain .io, bisa kamu wujudkan melalui DomaiNesia. Harga yang kami tawarkan kompetitif dengan provider domain lainnya. Kamu juga akan bisa sekalian pesan hosting melalui layanan kami. Ada tiga Paket Jual Hosting Murah DomaiNesia yang kami sediakan yakni Paket Extra, Super, dan Monster.

0 komentar:

Posting Komentar