4 Manfaat Mengonsumsi Air Alkali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!


Mual, muntah, atau sakit kepala merupakan tanda-tanda kamu terkena dehidrasi atau kekurangan cairan yang menyebabkan kadar pH tubuh jadi terlalu asam. Bila itu terjadi, minum air alkali dengan pH 8+ dipercaya bisa mengatasinya. Beberapa kondisi yang menyebabkan dehidrasi, antara lain demam, paparan suhu tinggi, berkeringat dalam jumlah yang tinggi, muntah-muntah, dan diare [1]. 

Apa itu air alkali?

Air alkali adalah salah satu jenis air minum yang memiliki tingkat keasaman (pH) di atas 8, sehingga disebut juga air dengan pH 8+ atau air basa. Ini berbeda dengan air minum pada umumnya yang memiliki pH netral atau di angka 7. [2].

Minum air yang sifatnya basa diyakini para ahli dapat memengaruhi pH tubuh. Semakin tinggi pH tubuh (basa), maka semakin baik. 

Di bawah ini berbagai manfaat air alkali untuk kesehatan.

1. Menjaga hidrasi tubuh

Sebuah studi mengatakan bahwa, orang yang minum air dengan pH basa atau pH 8+ memiliki darah yang lebih cair, sedangkan orang yang minum air biasa mempunyai darah yang lebih kental.

Darah yang kental berarti tidak mengandung cukup air. Semakin kental darah seseorang, semakin lambatlah aliran darah yang bergerak. Sebaliknya, darah yang cukup air akan lebih mudah mengalir dan diedarkan ke seluruh tubuh. Nah, hal ini membuktikan bahwa air minum dengan pH basa atau 8+ dapat membantu melancarkan aliran darah dan menjaga hidrasi tubuh [2].

2. Mengatasi naiknya asam lambung

Jika kamu sering sakit kepala, mual, atau muntah karena dehidrasi, kandungan pH basa ini bisa membantu menetralisir kelebihan asam dalam tubuh, lho! [2].

3. Bantu mengendalikan tekanan darah dan gula darah

Manfaat yang satu ini dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan para ahli asal Shanghai terhadap 3 kelompok peserta, yaitu penyandang hipertensi, kadar gula darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Kemudian, semua peserta diminta untuk minum air terionisasi alkali selama 3 – 6 bulan dan dilihat perkembangannya [2].

Hasilnya cukup mengejutkan. Setelah rutin minum air dengan pH basa, kadar gula darah, tekanan darah, dan lipid (lemak) darah menurun secara drastis. Bahkan, air jenis ini membuat semua hasil pengukuran menjadi kembali normal.

4. Menjaga kesehatan tulang

Ternyata air alkali dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Para ahli menemukan bahwa air minum dengan pH 8+ kaya akan bikarbonat dan mineral kalsium. Dua kandungan tersebut bermanfaat untuk membantu menghambat proses resorpsi tulang sehingga tulang kamu tetap kuat dan sehat [2].

Selain manfaat diatas Dokter dan influencer, dr. Ahmad Aulia Ghufron, MMR menjelaskan bahwa ada waktu terbaik untuk mengonsumsi air alkali yaitu sebelum tidur dapat membantu menjaga tingkat hidrasi tubuh dengan efektif dan pada pagi hari sebelum beraktivitas [3].

Jika kamu masih bingung merk air alkali apa yang aman dan terpercaya untuk dikonsumsi setiap hari. Pilihlah VIT 8+! Karena, telah dipercaya di Indonesia selama lebih dari 30 tahun, VIT meluncurkan produk terbarunya dalam kategori air mineral alkali yang dinamakan VIT 8+ (VIT Eight Plus). Produk ini kembali menguatkan komitmen VIT dalam menghadirkan air berkualitas tinggi kepada masyarakat. VIT 8+ diciptakan dari air mineral VIT yang kualitasnya terpercaya, dan diproses melalui sistem filtrasi tiga tahap. Proses tersebut diakhiri dengan ionisasi khusus yang menghilangkan ion asam dari air melalui elektrolisis.

Tertarik mencoba manfaat air alkali VIT 8+? Dapatkan di Indomaret, Alfamart, Alfamidi atau e-commerce seperti Tokopedia, Klikindomaret atau Alfagift!

Posting Komentar

0 Komentar