Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta


Bagi sebagian yang baru saja memulai karir, gaji yang diberikan berkisar 2 jutaan. Nah, pastinya bingung sekali kan mengelola keuangan dengan gaji segini di jaman sekarang? Jangan khawatir, semuanya masih mungkin kok asalkan dikelola dengan baik dan benar. Berikut ini adalah tips ringkas bagaimana cara mengatur uang gaji 2 juta

Tips Mengatur Keuangan Untuk Yang Bergaji 2 Juta 

Selalu Buat Skala Prioritas

Siapapun kalau baru menerima gaji pasti merasa bagaikan sultan. Setelah itu belanja foya-foya dan akhir bulan nyesek kebingungan mau makan apa. Bahkan tidak sedikit yang sampai berhutang demi memenuhi kebutuhan. Siklus ini selalu terulang dan akhirnya hutang jadi solusi satu-satunya. 

Nah, tips mengatur keuangan yang benar adalah dengan menentukan skala prioritas terlebih dahulu. Tentukan kebutuhan mana saja yang wajib dipenuhi dan bisa ditunda di awal bulan. Jadinya setelah gajian, Kamu langsung alokasikan dana ke sana. 

Disamping itu, perlu sekali mencatat pengeluaran dan pemasukkan supaya bisa memahami situasi keuangan dalam satu bulan. Catat semua kebutuhan setiap bulannya mulai dari tagihan, uang pendidikan dan sebagainya. 

Hidup Berhemat

Tidak ada salahnya hidup berhemat karena dengan kondisi gaji 2 juta, semua aliran uang pastinya lebih banyak dipakai untuk kebutuhan utama. Lebih baik alokasikan dana untuk tabungan. Kalau berbicara Self Reward memang perlu, tapi bukan berarti harus segala sesuatu yang mahal. 

Pakai Aturan 50/30/20 

Aturan 50/30/20 adalah yang paling sering disarankan bila ingin menata keuangan dengan baik. Agar rencana ini bisa sukses, maka perlu dilaksanakan langsung setelah mendapatkan pembayaran gaji. Jadi langsung sisihkan uang 50%, 30% dan 20% dari gaji. 50% ini gunakan untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari seperti makan, dan tempat tinggal. Lalu, gunakan 30% untuk membayar hutang atau cicilan. Bila tidak punya, gunakan 30% ini untuk membeli kebutuhan sekunder seperti kosmetik misalnya. Baru untuk yang 20% ditabung untuk persiapan dana darurat. Namun, Kamu tidak perlu serta merta mengikuti aturan ini. Semua tergantung dengan kondisi. Kamu juga bisa menerapkan 80% dan 20% yaitu menggunakan 80% uang untuk kebutuhan primer dan 20% untuk ditabung. 

Pastikan Membuat Laporan Keuangan 

Selanjutnya adalah membuat laporan keuangan berupa pendapatan dan pemasukan. Pastikan Kamu tahu betul kemana arus uang ini mengalir supaya bisa tetap berada di jalan yang benar. 

Pakai GoPay Jago 


Jangan lupa pakai e-wallet GoPay Jago untuk transaksi yang lebih mudah dan murah. GoPay Jago merupakan e-wallet terbaik hasil kerjasama Gojek dan Bank Jago. E-wallet ini memiliki keistimewaan untuk mengambil dana langsung dari Kantong Bank Jago sehingga pengguna tidak usah lagi top-up. Dengan memakai GoPay Jago, memudahkan pengguna saat menggunakan aplikasi Gojek seperti GoFood, GoRide, GoCar, GoTagihan, dll

Pengguna tidak perlu top up saat hendak bertransaksi, karena langsung terhubung dengan rekening Jago untuk pembayaran. Karena itulah, pengguna tidak lagi harus khawatir kalau rencana keuangannya bakal rusak.

Tidak hanya itu, menggunakan GoPay Jago juga memiliki banyak keuntungan. Beberapa keuntungan yaitu suku bunga hingga 7%, bebas biaya admin dan transfer antar bank, bisa daftar di aplikasi Gojek, dapat reward sampai Rp. 100.000, tidak perlu top-up dan hemat waktu. 

Ikut Asuransi Kesehatan

Bagaimana dengan gaji 2 juta bisa ikut asuransi? Jangan khawatir, masih bisa ikut BPJS untuk asuransi Kesehatan. Asuransi Kesehatan ini sangat perlu karena Kita tidak tahu dengan apa yang akan terjadi di masa mendatang. Bayangkan kalau tidak memiliki asuransi Kesehatan, uang yang sudah dikumpulkan habis untuk biaya berobat. 

Nah, itulah beberapa tips dan cara mengatur uang gaji 2 juta. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta"

banner
banner