Apa Saja Kegunaan Barcode untuk Bisnis?


Ketika Anda berbelanja di swalayan atau supermarket, Anda tentu sadar kalau ada label barcode pada produk yang di-scan oleh kasir. Akan tetapi, tahukah Anda kalau fungsi barcode tak hanya sebatas itu saja? 

Penggunaan barcode saat ini bisa Anda temukan di berbagai bisnis dan industri. Mulai dari sistem manajemen rantai pasokan bisnis ritel hingga pengelolaan stok obat-obatan di apotek, Anda barangkali akan terkejut melihat begitu luasnya penggunaan barcode yang begitu simpel dan mudah dipahami.

Kegunaan Barcode untuk Bisnis

Tentunya, pengaplikasian barcode yang sangat masif tentu disebabkan oleh berbagai hal, yang menunjukkan keunggulan atau kegunaan dari barcode dalam berbagai bentuk, termasuk label barcode. Kalau begitu, apa saja ya kegunaan barcode, terutama di dunia bisnis?

Apabila dirangkum menjadi beberapa poin, berikut ini adalah kegunaan utama dari barcode.

1. Akurasi yang lebih baik

Baik itu untuk manajemen persediaan maupun aset, bisnis yang bergantung pada proses manual terus-menerus merasakan bahwa tingkat efisiensinya tak pernah maksimal. Akibatnya, terjadi kerugian secara finansial yang jumlahnya menjadi signifikan dalam jangka panjang.

Akibatnya, risiko pemesanan ulang alias reorder yang sebenarnya tidak perlu, kehabisan stok barang, dan aset “gaib” alias aset yang ada dalam jurnal tapi ternyata tidak ada atau tidak bisa dijual/digunakan pun jadi lebih tinggi. Untungnya, risiko tersebut bisa dihindari dengan penerapan sistem barcode yang optimal.

2. Manajemen waktu yang lebih efisien

Sadarkah Anda bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mencatat aset tiap kuartal, semester, atau tahun sebenarnya bisa digunakan untuk tugas-tugas lain yang lebih penting? Anda dan karyawan bisa memanfaatkan waktu dan tenaga dengan lebih baik dibandingkan melacak aset “gaib”, mengecek rak satu per satu untuk merapikan kembali barang yang keliru penyimpanannya, dan tugas-tugas lainnya yang bisa diminimalkan dengan adanya barcode.

3. Akuntabilitas dan keamanan barang

Meskipun Anda tentu tidak ingin mengalaminya, nyatanya risiko pencurian aset oleh orang dalam selalu ada, baik itu barang persediaan untuk dijual maupun inventori kantor. Untungnya, risiko ini dapat Anda minimalkan hingga sekecil mungkin dengan penggunaan barcode sebagai lapisan atau layer akuntabilitas, yang tentunya tidak bisa dipenuhi oleh sistem check-out barang secara manual.

Dari penjabaran di atas, sudah terlihat bahwa teknologi barcode memang memiliki manfaat luar biasa bagi bisnis. Tak hanya itu saja, penerapannya juga sangat fleksibel dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis, baik itu untuk membantu melacak pergerakan persediaan dari pabrik ke Gudang, untuk mengukur produktivitas karyawan, maupun untuk memastikan keamanan barang. 

Itu dia rangkuman kegunaan barcode bagi bisnis. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar